Resensi

Lagi asyik"nya gue online, gue nyadar kalo gue belum buat tugas ISBD gue. Tugas gue kali ini disuruh buat resensi tentang buku yang judulnya Manusia Ilmu dan Teknologi. Emank bukunya tipis, tapi gue liat aja sampulnya udah nggak minat bacanya. tapi apa boleh buat, gue harus ngerjain tugas ini kalo gue mau nilai gue nggak merah. 
Sekarang gue binggung, terakhir gue resensi buku itu waktu gue kelas 2 SMA, dan itu berarti 3 tahun yang lalu. akhirnya gue cari bahannya dari mbah google.
Ini yang gue dapat waktu itu. Moga bermanfaat bagi kalian semua...
^_^

Contoh resensi:

Bergerilya Melawan Lupa Bersama Munir

Judul Buku : Munir: Sebuah Kitab Melawan Lupa
Editor : Jaleswari Pramodhawardani dan Andi Windjajanto
Penerbit : Mizan, Bandung, Cetakan Pertama, Desember 2004
Tebal : iix + 545 halaman

Bangsa Indonesia sering dituduh sebagai bangsa pelupa. Lupa atas dosa-dosa masa lalu, kekerasan-kekerasan masa lalu, dan berbagai penyimpangan masa lalu. Melalui buku ini, pembaca diajak berjuang melawan lupa, karena seperti yang dikatakan oleh Milan Kundera, bahwa perjuangan manusia melawan kekuasaan adalah perjuangan melawan lupa.

Salah satu anak bangsa yang tidak pernah jenuh mengingatkan kita semua agar tidak pelupa adalah (almarhum) Munir. Dengan sikap dan perjuangannya, Munir mencoba mempertahankan ingatan kita dan secara bersamaan juga melakukan perlawanan terhadap lupa. Orang asal kota Malang yang termasyhur itu bukanlah seorang pejabat tinggi atau ketua parpol dari negara ini. Ia hanyalah seorang berperawakan kecil lulusan Fakultas Hukum Universitas Brawijaya. Dengan............................................. ( Lihat Buku BSE )




Unsur-unsur yang harus dimuat dan harus Anda perhatikan dalam resensi

1. Judul resensi, bisa menggambarkan keseluruhan isi buku.

2. Data buku atau identitas buku terdiri atas: judul buku, pengarang, penerbit, tahun terbit, cetakan, dan jumlah halaman.

3. Pendahuluan, dapat berisi perbandingan dengan karya-karya sebelumnya, perbandingan dengan buku yang berisi masalah sejenis, biografi pengarang, dan hal yang berhubungan dengan tema atau berhubungan dengan isi.

4. Sinopsis atau ringkasan isi buku; untuk mengetahui secara singkat tentang isi buku yang diresensi. Bisa juga dikutip bagian-bagian penting yang dianggap menarik.

5. Ulasan singkat terhadap buku yang diresensi, kekurangan dan kelebihannya, dapat dilihat dari segi: fisik buku, misal penggunaan kertas, penjilidan, pengetikan;isi buku; penggunaan bahasa; dll.

6. Manfaat dan sasaran pembaca buku. 



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar: